Minggu, 18 Oktober 2020

Bolehkah Makan Makanan Pedas Saat Sariawan?

Terkadang penyakit sariawan menyerang dan memberikan beberapa Batasan pada hidup kita untuk makan dan beraktivitas. Cara untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi obat sariawan yang berkualitas dan dapat diandalkan. Salah satu obat sariawan berkualitas yang bisa Anda coba adalah Aloclair yang berpengalaman untuk mengatasi sariawan tanpa nyeri. 


Selain menggunakan obat, Ketika mengalami sakit sariawan Anda perlu melakukan beberapa pencegahan dan pengobatan. Langkah yang harus dilakukan seperti mengatur pola makan dan istirahat kemudian memastikan jika area mulut selalu bersih. Ketika melakukan sikat gigi pastikan tidak terlalu kasar untuk menghindari iritasi atau luka yang berlebih. 

Jenis Makanan Apa yang Harus Dihindari Ketika Sariawan?

1. Makanan pedas

Ketika Anda sedang sariawan, makanan pedas merupakan salah satu pantangan yang paling penting untuk dihindari. Jika Anda tetap memakan makanan yang pedas dapat dipastikan jumlah sariawan di dalam mulut akan bertambah. Selain itu, makanan pedas akan memberikan dampak yang buruk bagi tenggorokan dan organ dalam sehingga menyebabkan panas dalam. 


Kondisi ini akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi sariawan. Mengingat faktor utama terjadinya sariawan adalah karena panas dalam maka pengaturan pola makan yang baik menjadi hal paling penting. Makanan yang pedas sebaiknya dihindari sampai H+ 2 atau 3 setelah Anda sembuh dari sariawan. 


2. Jangan makan makanan yang mengandung banyak asam

Banyak orang yang sangat menyukai makanan dengan kandungan asam yang berlebih seperti lemon dan jeruk. Tentu makanan ini sangat tidak cocok untuk dikonsumsi Ketika Anda sedang mengalami sariawan. Di saat sedang mengalami sariawan dan mengkonsumsi makanan ini maka Anda bisa saja mengalami banyak kendala untuk sembuh dengan obat apun. 


3. Jangan meminum es terlalu sering

Selain menggunakan obat khsus sariawan yang baik seperti Aloclair, menjaga konsumsi minuman juga menjadi solusi paling tepat untuk dilakukan. Jika Anda merupakan penggemar minuman dingin cobalah untuk menguranginya dan menggantinya dengan meminum air hangat. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman dingin maka tubuh akan mengalami panas dalam dan sariawan. 


4. Hindari terlalu banyak makan garam

Makanan yang mengandung banyak garam juga tidak baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang saat ini sedang mengalami sariawan. Jika terus mengkonsumsi makanan ini dapat dipastikan sariawan dan sakit tenggorokan tidak dapat dihindarkan. Sifat garam yang menyerap air mengurangi kandungan dan resapan air mineral ke dalam tubuh. 


Jika hal ini terjadi, Anda akan kekurangan hidrasi dan kering di tenggorokan hal ini juga menjadi pemicu dari penyakit sariawan itu sendiri. Cobalah untuk membuat makanan sendiri di rumah agar Anda bisa mengatur jumlah nutrisinya. Cara ini dilakukan agar Anda bisa menjadi lebih cepat untuk sembuh. 


5. Jangan mengkonsumsi kopi dan coklat terlebih dahulu

Kebiasaan meminum kopi memang sulit untuk dihindari bagi Sebagian orang. Namun, Ketika Anda sedang mengalami sakit sariawan atau tenggorokan ada baiknya jika menghindari minuman ini terlebih dahulu. Setelah menghindarinya dapat dipastikan sariawan akan segera sembuh karena kopi dan juga coklat memiliki kandungan asam yang cukup tinggi dan bisa membuat sariawan semakin parah. 


Untuk menghindarinya Anda bisa mengganti dengan konsumsi buah yang mengandung banyak mineral. Sering kali Ketika meminum kopi dan coklat orang menjadi kurang terhidrasi dan hal ini hanya akan memperburuk sakit sariawan Anda. 


Kesalahan cara mengatasi sariawan terkadang hanya akan memperparah lukanya. Anda perlu mengetahui kandungan yang ada di dalam suatu obat untuk memastikan bahwa kesembuhan bisa didapat. Selain itu, kandungan pada obat juga akan memastikan jika penyakit bisa sembuh dengan cepat. Seperti Aloclair yang bisa dijadikan obat sariawan untuk anak dan dewasa.

Artikel Terkait

Bolehkah Makan Makanan Pedas Saat Sariawan?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email